Kostum berfungsi sebagai simbol visual yang mencakup logo, warna, nama dan elemen lainnya. Sehingga membentuk suatu karakter dan identitas agar team atau komunitas yang mengenakannya dapat mudah dikenali.
Membangkitkan solidaritas dan rasa bangga sehingga semakin kompak untuk menggapai prestasi.
Sebagai persyaratan saat berpartisipasi dalam pertandingan kompetitif maupun turnamen profesional. Karena saat ini, beberapa penyelenggara turnamen mewajibkan peserta yang akan bertanding untuk menggunakan kostum (biasanya jersey).
Lahan atau “space” iklan untuk media promosi bagi yang ingin menjalin kerja sama dengan sponsor / partner.
Bagian dari strategi pemasaran dengan menjual kostum sebagai merchandise kepada para penggemar atau pendukung.
Tak hanya digunakan saat kegiatan bertanding. Kostum juga cocok untuk dikombinasikan dengan style / fashion saat hangout atau dikenakan untuk harian.
Untuk koleksi kenang-kenangan di hari esok bahwa dulu pernah berjuang, mendukung maupun menjadi bagian dari suatu team atau komunitas. Selain itu, kostum juga dapat diperoleh dari tradisi bertukar kostum (biasanya jersey) untuk menjalin rasa persahabatan dengan esports gamer lain.
Konsep desain menjadi hal yang utama dalam pembuatan kostum. Baik jersey, jaket, kaos dan apparel lainnya. Sebaiknya konsep desain ditentukan lebih dahulu oleh sobat (sebagai customer). Bertujuan untuk memudahkan designer mengetahui karakter dan keinginan desain sobat.
Jika sobat tidak memiliki ide konsep desain. Sobat bisa berkonsultasi dengan designer, mencari desain yang available di katalog atau mencari refrensi di internet. Tetapi yang perlu diperhatikan yaitu, janganlah menjadi plagiat dengan menjiplak desain milik orang lain. Oleh karena itulah G-NEST menghadirkan G-NEST Signature sebagai divisi custom gaming apparel untuk melayani sobat gamer.
Menurut kami, sebenarnya tidak ada desain yang jelek, karena desain adalah seni yang dapat dinikmati dan dinilai dari sudut pandang yang berbeda. Hasilkan desain sesuai yang sobat inginkan agar tercipta desain yang original sehingga berbeda dengan yang lain. Dan tetap mengacu pada tujuan awal sobat seperti yang dijelaskan pada point pertama.
Sebenarnya bagian anggaran ini adalah hal yang paling utama untuk dipersiapkan. Namun kembali lagi, kostum bukanlah sesuatu yang wajib dimiliki oleh gamer. Tergantung apa tujuan dari pengadaan kostum itu sendiri.
Anggaran atau dana juga bukan penghalang karena mayoritas gamer itu loyal dan memiliki solidaritas tinggi. Bahkan gamer rela membeli voucher untuk topup ingame item (barang non fisik) dengan nominal ratusan ribu hingga jutaan rupiah.
Tidak dapat dipungkiri, tidak semua gamer berstatus mampu dan memiliki dana lebih untuk memfasilitasi game dan membeli kostum. Namun terdapat alternatif lain dengan menggunakan uang kas, hasil turney, bantuan sesama gamer atau bekerja sama dengan pihak sponsor.
Setelah anggaran dinyatakan cukup untuk biaya produksi kostum beserta biaya pengirimannya. Langkah selanjutnya yaitu proses produksi. Di Indonesia, ada banyak vendor yang melayani jasa pembuatan kostum seperti jersey gaming esports, jaket, kaos dan sejenisnya.
Sobat bebas memilih vendor sesuai kebutuhan bahan dan budget yang sobat miliki. Jika sobat memutuskan untuk memilih menggunakan jasa G-NEST Signature sebagai vendor produksi. Sobat bisa melakukan simulasi harga biaya order di bawah ini atau chat whatsapp admin untuk konsultasi.
G-NEST Signature juga melayani penjualan desain yang terdapat pada katalog Available Design jika sobat hanya ingin membeli desain saja untuk diproduksi di vendor lain. Hak dan signature pada katalog desain G-NEST tetap akan disertifikasi dengan nama sobat atau Gaming Profile sobat (jika ada).
Pada bagian update ini, juga perlu dipersiapkan dan direncanakan. Contohnya:
Min bisa order cuman 1 pcs dulu?
Apakah bisa lihat hasil desain dulu sebelum transfer?
Berapa pembayaran atau DP yang harus ditransfer?
Bagaimana jika hasil desain tidak sesuai harapan?
Berapa lama estimasi pesanan selesai?
Kapan pesanan akan dikirim?